Posted by : Admin web11 Jumat, 21 Juni 2013

array_php

Salam Web11...

Dalam artikel kita kali ini, kita akan membahasa fungsi array pada php. ini adalah artikel lanjutan kami dalam proses belajar php. Bilamana teman-teman belum membaca artikel kami sebelumnya, kami sarankan teman-teman untuk membaca artikel-artikel terkait kami. berikut adalah daftar dari artikel-artikel kami sebelumnya dalam proses belajar php.


Setelah teman-teman membaca artikel-artikel terkait kami, mari kita lanjutkan ke materi selanjutnya yaitu fungsi array pada script php.

Apa itu Array ?

Array adalah variabel khusus yang dapat menampung lebih dari satu nilai pada suatu waktu.
Jika anda memiliki daftar kendaraan pribadi ( daftar nama mobil ), anda bisa menyimpan nama mobil dalam variabel tunggal seperti ini :

$mobil1="Volvo";
$mobil2="BMW";
$mobil3="Toyota";

Dan bagaimana jika teman-teman ingin memilih salah satu nama mobil tetapi teman-teman memiliki daftar nama mobil sebanyak 300 data. Solusinya adalah dengan membuat array!
Sebuah array dapat menyimpan banyak nilai dalam sebuah nama, dan teman-teman dapat mengakses nilai dengan mengacu pada nomor indeks.

Membuat array pada php.
Dalam php, "array ( )" adalah fungsi yang digunakan untuk membuat array. Di php dibedakan menjadi 3 jenis array, yaitu :

1. Indexed arrays => Array dengan indeks numerik.
2. Associative arrays => Array yang menggunakan kata kunci.
3. Multidemensional arrays => Array yang berisi satu atau lebi array.

1. Indexed Arrays

Ada 2 cara untuk membuat Indexed array,  yaitu : 
- Indeks dapat diberikan secara otomatis ( indeks selalu dimulai dari 0 ).
$mobil=array("Volvo","BMW","Toyota");
- Indeks ditentukan secara manual.
$mobil[0]="Volvo";
$mobil[1]="BMW";
$mobil[2]="Toyota";
Contoh :

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<?php
$mobil=array("Volvo","BMW","Toyota");
echo "Saya suka " . $mobil[0] . ", " . $mobil[1] . " dan " . $mobil[2] . ".";
?>
</body>
</html>

Catatan : teman-teman copy script diatas dan simpan pada folder htdocs diweb server localhost yang teman-teman instal. Simpan dengan ekstensi file ".php" (indexedarray.php). Setelah itu teman-teman buka web browser kemudian ketik localhost pada alamat url setelah itu pilih file yang tadi disimpan di htdocs dan teman-teman bisa melihat hasilnya.

2. Associative Arrays

Ada 2 cara untuk membuat Associative array, yaitu ":
$usia=array("Bayu"=>"25","Roki"=>"23","Feri"=>"30");
atau
$usia['Bayu']="25";
$usia['Roki']="23";
$usia['Feri']="30";
Contoh :

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<?php
$usia=array("Bayu"=>"25","Roki"=>"23","Feri"=>"30");
echo "Usia Bayu adalah " . $usia['Bayu'] . " tahun.";
?>
</body>
</html>

Catatan : teman-teman copy script diatas dan simpan pada folder htdocs diweb server localhost yang teman-teman instal. Simpan dengan ekstensi file ".php" (associativearray.php). Setelah itu teman-teman buka web browser kemudian ketik localhost pada alamat url setelah itu pilih file yang tadi disimpan di htdocs dan teman-teman bisa melihat hasilnya.

3. Multidimensional Arrays

Array juga dapat berisi array yang lain sebagai nilai. Yang nantinya dapat menyimpan array yang lain. Dengan cara seperti ini  kita dapat membuat dua atau tiga dimensi array.
Contoh :

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<?php
// Dua Dimensi array
$mobil = array
(
array("Volvo",100,96),
array("BMW",60,59),
array("Toyota",110,100)
);
echo $mobil[0][0].": dipesan: ".$mobil[0][1].". terjual: ".$mobil[0][2]."<br>";
echo $mobil[1][0].": dipesan: ".$mobil[1][1].". terjual: ".$mobil[1][2]."<br>";
echo $mobil[2][0].": dipesan: ".$mobil[2][1].". terjual: ".$mobil[2][2]."<br>";
?>
</body>
</html>

Catatan : teman-teman copy script diatas dan simpan pada folder htdocs diweb server localhost yang teman-teman instal. Simpan dengan ekstensi file ".php" (multidimensional.php). Setelah itu teman-teman buka web browser kemudian ketik localhost pada alamat url setelah itu pilih file yang tadi disimpan di htdocs dan teman-teman bisa melihat hasilnya.

Untuk pembahasan artikel ini tentang fungsi array pada php, kami cukupkan sekian. semoga artikel ini bisa membantu teman-teman dalam mengerti dan memahami fungsi array dalam php. Bilamana teman-teman mengalami kesulitan dalam materi belajar php kita kali ini, teman-teman bisa langsung bertanya kepada kami dan kami akan dengan senang hati untuk membantu. Untuk materi pembelajaran kita tentang belajar php, kita akan lanjut ke sorting array pada php.  ( Kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan untuk meningkatkan kualitas dari artikel yang kami buat )

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Great blog created by you. I read your blog, its best and useful information. You have done a great work. Super blogging and keep it up.
    php jobs in hyderabad.

    BalasHapus
  2. • Nice and good article. It is very useful for me to learn and understand easily. Thanks for sharing your valuable information and time. Please keep updatingAzure Online course hyderabad

    BalasHapus

- Copyright © Design Web11 -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -