Posted by : Admin web11 Rabu, 12 Juni 2013

sejarah_html


Salam Web11..... 

Sebelum kita sama-sama belajar mengenai script HTML, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang sejarah perkembangan dan pengertian dari HTML itu sendiri. Seperti sebuah istilah, “tak kenal maka tak sayang”. Maka dari itu pada artikel html kali ini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai sejarah perkembangan dan pengertian HTML yang dikutip dari berbagai sumber.

Sejarah HTML

Hypertext Markup Language atau yang biasa disingkat HTML pertama kali diciptakan dan dikembangkan oleh Tim Berners-Lee pada awal tahun 1990-an yang pada saat itu masih bekerja di CERN. HTML diciptakan dengan tujuan sebagai cara sederhana namun efektif untuk mengkodekan dokumen elektronik. HTML pertama kali dipopulerkan  dengan menggunakan browser Mosaic.

Perkembangan HTML

·      HTML versi 1.0 adalah versi pertama sejak lahirnya nama html tersebut. Versi ini memiliki kemampuan untuk heading, paragraph, hypertext, bold dan italic text, wrapping serta memiliki dukungan dalam peletakkan sebuah gambar.
·      HTML versi 2.0 ( 14 Januari 1996 ). Pada versi ini ada beberapa tambahan kemampuan diantaranya penambahan form comment, hal ini menyebabkan adanya sebuah interaktif dan mulai dari versi ini yang menjadikan sebuah pionner dalam perkembangan homepage interaktif.
·      HTML versi 3.0 ( 18 Desember 1997 ). HTML versi 3.0 juga disebut-sebut HTML+ yang mempunyai kemampuan dalam beberapa fasilitas diantaranya adalah penambahan fitur table dalam paragraph, akan tetapi versi ini tidaj bertahan lama.
·      HTML versi 3.2 ( 14 Januari 1997 ). HTML versi ini adalah penyempurnaan dari HTML versi 3.0. keluarnya versi ini dikarenakan adanya beberapa kasus yang timbul pada pengembang browser yang telah melakukan pendekatan dengan cara lain yang justru hal tersebut menjadi popular. Maka dibakukan versi 3.2 untuk mengakomodasi praktek  yang banyak digunakan oleh pengembang browser dan diterima secara umum. Dapat dikatakan versi 3.2 ini merupakan versi 3.2 yang dikembangkan oleh beberapa pengembang browser seperti Netscape dan Microsoft.
·      HTML versi 4.0 ( 18 Desember 1997). Versi ini sudah terdapat penambahan pada link, meta, image dan lain-lain sebagai penyempurnaan versi 3.2.
·      HTML versi 4.01 ( 24 Desember 1999 ). HTML versi 4.01 menjadi rekomendasi W3C. HTML 4.01 adalah minor update-koreksi dan perbaikan bug dari HTML 4.0.
·      XHTML versi 1.0 ( 20 Januari 2000 ). XHTML 1.0 merumuskan HTML 4.0 dalam XML.
·      HTML 5 ( 22 Januari 2008 ). HTML 5 meningkatkan interoperabilitas dan mengurangi biaya pengembangan dengan membuat aturan yang tepat tentang bagaiman untuk menangani semua elemen HTML, dan bagaimana memulihakan dari kesalahan. Beberapa fitur dalam HTML 5 adalah fungsi untuk audio embedding, video, grafik, sisi penyimpanan data klien, dan dokumen interaktif. HTML 5 juga mengandung unsur-unsur baru seperti <nav>, <header><footer>, dan <figure>. Yang termasuk kelompok kerja diantaranya AOL, Apple, Google, IBM, Microsoft, Mozilla, Nokia, Opera dan banyak lagi vendor lainnya.

Pengertian HTML

Didalam artikel html ini,  HTML ( Hyper Text Markup Language ) didefiniskan sebagai sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi dalam sebuah browser internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan didunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML ( Standard generalized Markup Language ), HTML adalah sebuah standard yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standard internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
HTML berupa kode-kode tag yang menginstrusikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla firefox atau aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.
HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks biasa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.

Demikian lah penjelasan secara singkat pada artikel html ini tentang Sejarah perkembangan dan pengertian HTML. Semoga artikel ini bisa sedikit membantu teman-teman dalam mengenal apa itu HTML. Untuk pelajaran selanjutnya kita masuk pada artikel Dasar-dasar membuat html bagian 1. ( Kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan untuk meningkatkan kualitas dari artikel yang kami buat ).

{ 13 komentar... read them below or Comment }

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'HTML', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2723/1/14.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, informasinya, sekedar merekomendasikan sebagai materi tambahan;

      Substansi :
      - Sejarah HTML
      - Pencipta HTML
      - Pengembang HTML
      - Fitur HTML
      - Tag dan Atribut HTML
      - Cara Validasi HTML

      selengkapnya,

      Pranala -> Pengantar HTML dan Sejarah Perkembangannya

      Hapus
  2. HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet

    Read more: pengertian html

    BalasHapus
  3. dengan membaaca artikel ini saya bisa mengetahui sejarah perkembangan htlm

    BalasHapus
  4. saya masih tahap belajar web, harus banyak baca referensi, salah satunya artikel ini, bermanfaat bagi saya. Terimakasih.
    Kunjungi Website saya https://sriseptiarini.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Website Kampus http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  5. terimakasih atas penjelasannya , sangat membantu saya dan banyak orang. 1822500065 Titan nia yulanda https://taniayulanda.atmaluhur.ac.id website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  6. thanks kak, artikelnya sangat membantu sekali:)
    1822500149 Larasati
    https://atik.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  7. makasih ya kak atas artikel nya ini sangat membantu saya untuk membuat tugas kuliah tentang format HTML nya...
    artikelnya sangat membangun sekali dan mudah di mengerti untuk saya yang masih pemula...terus berkarya ya kak untuk membuat artikel-artikel selanjutnya tentang pemrograman web yang lainnya...ditunggu ya kak informasi-informasi selanjutnya...
    perkenalkan nama saya peri supriyianto.
    kunjungi Website Kampus kami di link ini
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  8. terimakasih bnyak kak atas artikel yang sangat membantu ini, saya sangat terbantu sekali dalam membuat tugas kuliah tentang format HTML.
    apalagi saya masih pemula masih banyak belajar dalam membuat format HTML, terus berkarya kak agar saya bisa terus melihat artikel-artikel terupdate selanjutnya tentang pemrograman web nya..
    oh iyah kak perkenalkan nama saya Arnold Julyanto Sibarani.kunjungi Website Kampus kami di link ini
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  9. terimakasih banyak kak atas artikel nya,saya merasa sangat terbantu sekali dalam mengerjakan tugas kuliah tentang fomat HTML.
    apalagi saya masih pemula dan masih mau banyak belajar dalam membuat format HTML,terus berkarya kak agar saya bisa
    terus lihat artikel-artikel terupdate berikut nya tentang pemrograman web...
    Perkenalkan nama saya Tahmi.kunjungi Website kampus kami di link ini
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  10. Wow artikelnya sangat bagus kak. Saya sangat terbantu sekali dengan membaca artikel ini. Dan berkat artikel ini saya bisa memahami apa itu format teks dalam html dan saya bisa mempraktekkan dalam menyelesaikan tugas kuliah saya. Terimakasih kak, semangat terus dan selalu memberikan artikel-artikel terbaik dan semoga slalu dalam lindungan Tuhan yg maha esa kak.
    Perkenalkan nama saya Peri Supriyanto
    Ayo berkunjung ke website kampus kami agar bisa saling support
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  11. terima kasih atas artikel nya ini sangat membantu saya untuk membuat tugas kuliah tentang format HTML
    artikelnya sangat membangun sekali dan mudah di mengerti untuk saya yang masih pemula...terus berkarya membuat artikel-artikel selanjutnya tentang pemrograman web yang lainnya perkenalkan nama saya RIKADELIZA FABELIA (1922500146).
    kunjungi Website Kampus kami di link ini
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus

- Copyright © Design Web11 -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -